- See more at: http://dapur-tutorial.blogspot.com/2012/03/cara-memasang-meta-tag-pada-blog.html#sthash.3X6FVT8j.dpuf

Wednesday 27 February 2013

Tips Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Handmade Shoes

Hai semua :), Handmade Shoes Indonesia kali ini akan membahas mengenai "Tips Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Sepatu". Check it out guys!.

BAU tak sedap dari sepatu pasti sangat menggangu, tak hanya hidung kita, pastinya orang di sekitar kita juga kerap merasakan. Yang menyebalkan, baunya pun menempel di kaki. Sebenarnya,biang masalah dari bau kaki adalah keringat.

Tubuh kita memiliki lebih dari 250.000 kelenjar keringat, sedangkan kaki kita termasuk bagian tubuh yang paling berkeringat. Dalam sehari, satu kaki dapat memproduksi lebih dari satu pint (sekitar 568 ml) keringat!. Dalam sehari, satu kaki dapat memproduksi lebih dari satu pint
(sekitar 568 ml) keringat!


Istimewa Keringat itu sendiri sebenarnya merupakan campuran air dan garam, sehingga tidak memiliki bau tertentu. Bau itu disebabkan oleh bakteri pada kulit yang memakan keringat dan membuang kotoran yang memiliki hawa atau bau yang kuat. Keberadaan bakteri pada kulit ini juga normal, namun keringat menarik bakteri dan memberikan banyak makanan untuknya.
Jika keringat pada kaki menjadi lebih berbau daripada keringat di tubuh, bisa jadi hal ini disebabkan oleh kaus kaki dan sepatu kita. Sebab keringat yang dibuang oleh kaki tidak mudah menguap seperti keringat di telapak tangan, dan malah mengumpul di kulit dan kaus kaki.

Bakteri menyukai tempat gelap, lembab, dan banyak "makanan". Ketika Anda membuka sepatu, bau yang menampar Anda itu adalah produk buangan bakteri yang terkumpul di kaki, kaus kaki, dan sepatu Anda.
Jangan cemas, beberapa cara bisa Anda lakukan untuk menghilangkan baru tak sedap itu.
  1. Untuk sepatu yang bisa di cuci, gunakan pemutih untuk mencucinya. Jika sepatu berwarna dan tidak bisa diberi pemutih, gunakan campuran deterjen dan baking soda untuk mencuci sepatu tersebut.
  2. Jika sepatu tidak bisa dicuci, taburi bedak bayi di dalam bagian sepatu untuk menghilangkan bau 24 jam sebelum sepatu dipakai.
  3. Untuk mencegah bau itu kembali timbul kembali, usahakan bagian dalam sepatu itu terhindar dari kelembaban. Gunakan silica gel saat menyimpan sepatu agar bagian dalamnya tetap kering.
  4. Semprotkan pewangi setelah digunakan agar sepatu tak menimbulkan bau.
  5. Simpanlah Sepatu di tempat yang dingin selama semalam sambil dibungkus dengan koran hingga rapet. Koran itu akan menyerap bau yang ada dalam sepatu.
  6. Bisa juga menggunakan kopi yang dibungkus dengan tisu, masukkan aja ke dalam sepatu, bisa juga dibungkus dengan tisul. Lalu masukin ke dalem sepatu.

Untuk mencegah agar sepatu tak mudah berbau lakukan hal berikut:
 
  1. Jangan pernah memakai sepatu bila kaki sedang basah. Hal itu dapat menyebabkan bakteri berkembang dan akhirnya sepatu Anda menjadi berbau tak sedap.
  2. Untuk pertahanan ganda, gunakan obat khusus berupa semprotan pewangi pewangi atau foot spray pada bagian dalam sepatu Anda. Setelah itu jangan langsung dipakai, segera angin-anginkan agar kering.
  3. Bila sepatu terbasahi oleh air hujan, segera keringkan dengan cara memasukkan beberapa lembar tisu ke dalamnya untuk menyerap air. Gunakan shoe tree untuk menjaga agar bentuk sepatu dan bagian ujungnya tidak melengkung.
  4. Masukkan sepatu dalam kantung kain, kotak sepatu atau kantung plastik dan simpan di tempat kering. Jangan simpan sepatu di dekat sumber panas agar kulitnya tidak mengering.

Demikian pembahasan mengenai "Tips Menghilangkan Bau pada Sepatu". Semoga bermanfaat, terima kasih atas perhatian para Handmade Shoes Lovers Indonesia :).

No comments:

Post a Comment